5 Socket HP Paling Penting Wajib Di Ketahui


Ada beberapa hal yang harus diketahui oleh seorang yang berprofesi sebagai tukang service atau jasa perbaikan yang berhubungan dengan elektronika baik analog ataupun digital. Dalam hal ini yang berhubungan dengan jasa perbaikan handphone.Mungkin dalam perbaikannya mempunyai teknik-teknik sendiri dalam memperbaiki handphone sampai kembali normal yang awalnya mati total, tidak ada suara, sinyal tidak ada, layar lcd gelap ataupun layar lcd mati total dan masih banyak lagi kerusakan yang berhubungan dengan hardware ataupun software.
Ada 5 Hal penting yang wajib diketahui sebelum memperbaiki Handphone ataupun Smartphone terutama yang berhubungan dengan Hardware, diantaranya :

  

1. Socket atau terminal baterai
    Setelah melihat dan mengecek baterai yang tidak ada masalah, hal selanjutnya yang perlu di cek  adalah terminal baterai yang merupakan sumber utama untuk mengalirkan tegangan dari baterai. Bagi yang mengalami kerusakan mati total pada handphone atau smartphone bagian terminal ini yang wajib dicek terlebih dahulu. Cara penanggulannya bisa dibersihkan socketnya ataupun dipasang ulang dan terakhir apabila benar-benar rusak maka harus diganti dengan terminal yang baru.
2. USB Charger atau terminal Pengisi Daya
      USB Charger atau terminal Pengisi Daya ini banyak sekali sering ditemukan mengalami kerusakan. Banyak sekali yang menyebabkan terminal pengisi daya ini rusak, diantaranya mengisi daya dengan waktu yang berlebihan sehingga menyebabkan overheat, pemakaian alat pengisi daya yang tidak sama atau beda produk, ataupun bagian pengisi daya (USB Charger) yang terkena air dipaksakan mengisi daya karena keperluan mendesak dan masih banyak lagi penyebabnya.
3. Socket Simcard atau terminal kartu
     Socket Simcard atau terminal kartu ini merupakan bagian yang terpenting, karena kalau salah satu pin atau kakinya rusak maka sinyal pada handphone tidak dapat muncul atau gangguan tidak mendapatkan sinyal. Banyak sekali kerusakan pada terminal kartu ini yang disebabkan karena sering digantinya kartu sehingga menyebabkan pin atau kaki terminal kartu tersebut patah. Hal ini paling fatal sekali apabila terjadi pada handphone anda sehingga handphone tidak bisa berfungsi dan tidak bisa digunakan sama sekali fungsinya secara keseluruhan terutama untuk berkomunikasi dengan orang lain.
4. Socket LCD/Touchscreen atau terminal LCD
       Terminal LCD ini memiliki fungsi untuk menampilkan data-data yang ada dihandphone baik berupa data gambar,musik, video, kontak telepon, sms, dan masih banyak sekali fungsinya. Kerusakan yang terjadi bisa disebabkan jatuh ataupun kena air, ini yang paling banyak sekali ditemukan. Maka diperlukan kehati-hatian apabila handphone sudah tenggelam kena air jangan langsung dinyalakan, ada baiknya baterainya dibuka terlebih dahulu dan bagian lainnya dikeringkan. Tujuannya mencegah kosleting pada bagian-bagian lagi di handphone atau smartphone.
5. Socket Memory atau Eksternal Memory
     Socket Memory atau Eksternal Memory ini bagian penting ketika memory dihandphone sudah penuh maka bisa dipakai untuk menyimpan data di eksternal memory. Apabila handphone tidak terbaca eksternal memorynya ini bisa terjadi dikarenakan terminalnya atau konektornya kotor atau salah satu pin atau kaki nya patah.
Demikian 5 Hal yang wajib diketahui dalam memperbaiki handphone mudah-mudahan bermanfaat.
Previous
Next Post »