Cara Tepat Mengukur Baterai Lithium Handphone/Smartphone


Cara Tepat Mengukur Baterai Lithium Handphone/Smartphone - Bagi yang belum tahu cara mengukur berapa tegangan yang ada di baterai Lithium Handphone atau mungkin penasaran berapa tegangannya yang kadang tidak sesuai dengan yang tertera pada keterangan baterai lithium tersebut, di sini akan disampaikan cara mengukur tegangan baterai lithium handphone/smartphone dengan menggunakan avometer digital.

Biasanya di baterai ada keterangan Maximum Charging Voltage : 4,2VDC, itu menunjukan bahwa kapasitas tegangan yang dicharger pada saat pengisian daya tegangannya 4,2 VDC, apabila tegangannya berlebihan atau sama sekali tidak ada nilainya berarti indikasi bahwa baterai itu sudah lemah atau rusak.
Cara Pengecekannya sangat mudah dengan Multimeter Digital, diantaranya sebagai berikut :
1. Masukan Probe Multimeter secara benar

  Probe yang berwarna merah dimasukan ke lubang yang bersimbol VOHM, dan probe yang hitam dimasukan ke lubang yang bersimbol COM.
2. Hubungkan probe merah ke baterai yang berpolaritas Positif (+) dan probe hitam dihubungkan ke baterai yang berpolaritas negatif (-), jika salah maka nilai yang tampil di layar bernilai negatif.


Previous
Next Post »